Cara Membuat Dompet dari Flanel 3 (burger)

Diposting oleh felt souvenir on Jumat, 21 Maret 2014

Bismillah..
Terima kasih ya atas semua doa dan dukungannya, sehingga blog ini masih terus bertahan. Nah.. postingan kali ini masih tentang tutorial Cara Membuat Dompet dari Flanel. Tapi bedanya dompet flanel kali ini adalah model pinggang. Ide ini muncul karena melihat anak-anak saat bermain mereka hanya mengandalkan kantong celana untuk menyimpan beberapa barang, seperti mainan, uang saku, dan snack dalam satu kantong. Terkadang saking banyaknya, ada sebagian barang yang terjatuh. Maka saya berpikir untuk membuatkan wadah yang unik tapi mudah dan nyaman dipakai. Muncullah ide ini.
Cara Membuat Dompet dari Flanel ini memang sedikit lebih rumit dibanding tutorial dompet flanel sebelumnya. Tapi jika dilakukan dengan sabar dan telaten dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan. Sengaja saya pilih bentuk burger karena akan terlihat lucu dipakai oleh anak-anak. Oya, berdasar tutorial ini, kita bisa juga membuat dompet flanel pinggang dengan beragam bentuk lho.. Yuk langsung ke tutorialnya...

 Bahan:
*flanel coklat,putih, merah, hijau, dan kuning.
*zipper/rits coklat
*kain furing
*dakron
*tali tas, adjuster & gesper tas
*pita bisban

Cara Membuat:
1. gunting 2 lembar flanel coklat dan 2 lembar kain furing dengan bentuk lingkaran diameter 14cm.

2. siapkan flanel merah, kuning, dan hijau. Gunting bagian tengahya dengan bentuk lingkaran diameter 14cm. (merah,kuning,hijau lebih lebar 3cm dari flanel coklat) *lihat gb.


3. susun flanel merah, kuning dan hijau kemudian jelujur bagian tengahnya agar ketiganya menyatu.

4. letakkan flanel cokat ke tengah no.3 di atas.


cara menjahit:
a. jelujur tepinya, sehingga semua menyatu. 
b. buat knip (gunting kecil-kecil tepi kain setelah dijahit)
c. Jangan lupa memberi aplikasi flanel putih sebagai taburan wijen.
5. setelah tahap di atas, balik flanel dan letakkan furing ke tengah flanel, jahit jelujur. Jangan lupa masukkan "sedikit" dakron untuk memberi volume burger. *dakron cukup sedikit saja, jangan sampai padat, kurleb segenggam. Rapikan tampilan burger dengan menggunting sedikit sisi flanel kuning dan hijau jika diperlukan

6. ambil flanel coklat dan furing satunya, kemudian jelujur tepinya dan isi dengan sedikit dakron. Jahitkan juga tali tas yang sudah dilengkapi adjuster dan gesper ke sisi flanel.*bagian ini menjadi sisi belakang dompet flanel.

7. siapkan rits, flanel, coklat, dan furing dengan panjang = setengah keliling flanel coklat. Untuk tahap ini kita memerlukan rumus matematika ya... karena diameter flanel coklat tadi 14cm, maka kelilingnya adalah 22/7x14=44. Maka setengahnya adalah 22cm. Tambahkan 1cm sebagai kampuh jahitan, hasilnya 23cm.Lebar flanel dan furing sesuaikan dengan lebar rits.

8. Tumpuk ketiganya dengan urutan: furing, rits kemudian flanel dengan bagian baik menghadap ke atas. Jahit tikam jejak rangkap agar kuat 0,5cm dari tepi. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar.

9. sekarang kita punya 3 bagian dompet, yaitu depan, belakang dan rits. Letakkan rits di atas dompet belakang, kemudian jahit sisi dompet belakang dengan tusuk tikam jejak. Jarak tusukkan jarum sebaiknya rapat-rapat agar hasilnya sempurna.

10. Nah sekarang kita sudah punya 2 bagian tas. Kemudian letakkan dompet bagian depan ke tengah bagian rits seperti terlihat di gambar. Kemudian jahit tikam jejak bagian tepinya.


11. siapkan pita bisban. Kemudian tutup semua kampuh jahitan dengan pita bisban dengan rapi.

12. terakhir, buka rits dan balik dompet flanel.


Alhamdulillah...akhirnya selesai sudah proses membuat dompet flanel kali ini. Dompet flanel buatan bunda siap menemani buah hati beraktifitas. Oke, selamat berkreasi ya..semoga tutorial Cara Membuat Dompet dari Flanel ini bermanfaat...

{ 1 komentar... read them below or add one }

TITALITHA Felt n Souvenir mengatakan...

Sangat mengispirasi,mksh tuto nya 😊 emg sukses terus ya.

ShareThis