Cara Membuat Dompet dari Flanel 2 (semangka)

Diposting oleh felt souvenir on Senin, 17 Maret 2014

Bismillah...
Kali ini kita akan membuat sebuah dompet flanel dengan bentuk irisan semangka. Mungkin sudah banyak ya dompet model ini di pasaran, tapi pasti lebih puas kalau kita sendiri yang membuatnya. Tutorial Cara Membuat Dompet dari Flanel ini sebenarnya sudah lama coco buat, tapi baru sekarang sempat diposting di blog.
Pertama, siapkan dulu flanel merah, putih, hitam, dan hijau. selain itu kita juga memerlukan zipper/rits dan vaselin kain kapas.

Cara membuat dompet semangka dari flanel:
1. Gunting flanel merah, flanel putih, vaselin kain kapas dan flanel hitam seperti pada gambar.(flanel merah 0,5cm lebih kecil dari pada putih)

 2. susun flanel putih, merah dan hitam seperti pada gambar, kemudian jahit festoon agar menyatu. Sementara sisihkan dahulu vaselin kain kapas tadi.


 3. Gunting flanel hijau, vaselin kain kapas, rit dan flanel putih seperti pada gambar.


4. siapkan rits, flanel putih dan vaselin kain kapas. Letakkan ujung rits di antara vaselin kain kapas kemudian jahit tikam jejak. Posisikan agar vaselin berada di bagian bawah.Pastikan jahitan kuat dan rangkap.

jika dibalik hasilnya seperti gambar ini:

*vaselin berada d bawah.

5. satukan flanel merah yang sudah dejahit, rits dan vaselin kain kapas setengah lingkaran yang tadi kita sisih di No.2.

6. Jahitkan salah satu sisi rits ke badan semangka. Caranya, letakkan flanel merah, rits dan vaselin seperti pada gambar. Vaselin yang memiliki perekat harus menghadap ke luar. Kemudian jahit tikam jejak dengan rapat.

jika dibuka, hasilnya akan seperti ini:
 lakukan hal yang sama pada sisi rits lain dengan flanel lainnya, dan hasilnya seperti berikut:

7. Pada tahap ini kita memerlukan bantuan setrika untuk menyatukan vaselin dengan flanel, agar hasil jahitan dompet flanel terlihat rapi. Gunakan level hangat pada setrika, kemudian setrika badan dompet semangka sehingga vaselin akan merekat ke flanel. Lakukan juga pada flanel hijau dan lapisan vselinnya. Agar tahap ini berhasil baik, kita harus memastikan posisi vaselin saat menjahitnya tadi.

8. Selanjutnya rapikan tepi flanel yang ada di ujung rits.

9. Oke, sekarang kita punya bagian dompet, yaitu badan dompet semangka dan bagian bawah dompet yang merupakan kulit semangka.
*ukuran panjang sisi flanel hijau harus sama dengan ukuran setengah dompet semangka (gambar).

10. Satukan bagian tepi flanel hijau ke sisi badan semangka. Jahit festoon dengan rapi.

11. Lakukan juga pada sisi lainnya, kemudian buka rits dan balik dompet.



 Naaah...dompet flanel kita sudah jadi... selamat berkreasi ya, dan semoga Tutorial Cara Membuat Dompet dari Flanel ini bermanfaat..



nb:maaf, vaselin diganti dengan kain kapas berperekat agar lebih tebal.

{ 9 komentar... read them below or add one }

Yuni mengatakan...

hallo Admin..lama saya nggak ngeblog..tp kini mau nggak mau harus rajin ngenet..bulan ini butik saya di utara ugm harus pindah krn bagi waris pemiliknya (seharusnya kontrakan ruko tsb. habis masih di bulan Mei besok). Kayaknya klo pindah kontrak ruko udah gak ada minat. Saya putuskan memindahkan workshop di rumah aja dan jualan produk via online. Yg lwt offlline cuma mo ikut pameran2 aja. Hhmm...bisa enggak ya kita saling kerjasama...saling promosiin produk masing-masing. Ato klo berminat ikut ngejualin scr online produk bikinan saya. Untungnya lumayanlah. Klo yg lwt fb udah dibantu temen2 dan udah mulai jalan pesanannya minggu2 ini. Tp yg lewat blog masih nihil.

Nisa mengatakan...

vaselin itu apa ya? sama nggak sama kain keras?

btw, blognya asyik, banyak tutorial. salam kenal ya ^ ^

-nisa-

felt souvenir mengatakan...

@yuni:produk2nya mba keren2..kpn2 kt ngobrol ya mba..mksh kunjungannya..
@nisa:salam kenal jg nisa...vaselin mirip kain keras,tp lebih tipis dan ada perekat d salah satu sisi permukaannya yang akan menempel ke kain jika dipanaskan...blognya nisa jg asyik,udah lama sy pengen belajar crochet..sukses ya..

Anonim mengatakan...

Saya lidya salam kenal, makasih banget loh tutorialnya sangat bermanfaat trus mudah pemahamannya, ni tadi kurang lebih 5 jam saya buat dompet semangka. Aduh seneng bgt ternyata bisa jadi juga. Maksih banyak loh ditunggu tutorial" berikutnya yang asik"

Unknown mengatakan...

vaselin itu yang dipakai buat jahitan kerah baju sekolahkan ?

Unknown mengatakan...

vaselin itu yang dipakai buat jahitan kerah baju sekolahkan ?

Anonim mengatakan...

assalamualaikum.terimakasih,saya sngt tertarik dg hasil kreasi anda dmpet smgka dari kain flannel.sy akan mencoba belajar membuatnya.mudah mudahan berhasil.

Anonim mengatakan...

assalamualaikum.terimakasih,saya sngt tertarik dg hasil kreasi anda dmpet smgka dari kain flannel.sy akan mencoba belajar membuatnya.mudah mudahan berhasil.

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah,terima kasih ya mbak atas tutorialnya, mudah2an menjadi amal yang sholihah

ShareThis