Cara Membuat Dompet dari Kain

Diposting oleh felt souvenir on Senin, 02 Mei 2016






Bismillaah.

Setelah lama tidak posting tutorial di blog ini, sekarang waktunya berkarya lagi. Kali ini kita akan membuat pouch atau dompet dari bahan kain, yang pasti banyak kegunaannya.  

Tutorial cara membuat dompet dari kain ini sangat mudah, dan hasilnya sangat cantik. Yuk langsung ke turialnya..

1. siapkan 2 lembar kain motif, 2 lembar furing, zipper 22cm. Potong semua kain sesuai pola pada gambar.







 


2. Tahap menjahit yang pertama, kita buat satu sisi dompet terlebih dahulu. Tumpuk sisi panjang kain (22cm) dengan urutan : motif menghadap atas,zipper menghadap ke bawah (berhadapan dengan motif), dan paling atas furing. Agar tidak bergeser, semat dengan jarum pentul, kemudian jahit tindas tepinya gambar A.

Selanjutnya, buka tumpukan kain. maka zipper terjahit antara motif dan furing. Kemudian jahit tindas tepi kain motif yang menyatu dengan zipper seperti gambar B (furing tidak dijahit tindas).



4.Lakukan hal yang sama pada sisi zipper satunya. Maka terlihat seperti pada gambar. Jangan lupa jahitkan tali dengan ring D di salah satu sisi motif.



 

5. 
  •  bentangkan badan dompet denga posisi motif salingberhadapan dan furing juga saling berhadapan, sementara zipper berada di tengah. Kemudian jahit tepi kain seperti pada gambar, bagian furing ada yang tidak terjahit ya.Ini berfungsi untuk membalik dompet.


  •    nah sekarang terlihat 4 sudut yang terbuka. Jahit bagiansudut dompet, caranya dengan menyatukan titik A & B (gbr  ). Kemudian jahit. Maka dompet akan terlihat seperti pada gambar C.





 



6. Dompet kita hampir selesai, melalui lubang pada furing balik dompet. Caranya, dorong kain motif melewati zipper (zipper dibuka) hingga keluar melewati lubang di furing. Rapikan, kemudian lipit tepi lubang furing ke arah dalam dan jahit tindas.Terakhir pasang tali dengan ring kait ke dompet.








Naaah Alhamdulillaah dompet serba guna kita sudah jadi, mudah dan cantik. Selamat berkarya, dan semoga tutoril Cara Membuat Dompet Kain ini bermanfaat. Bagi yang ga sempat jahit-menjahit bisa langsung oder ke toko online kami di  ndondomi.com


{ 0 komentar... read them below or add one }

ShareThis