Cara Membuat Playdough / Plastisin

Diposting oleh felt souvenir on Senin, 02 April 2012

Sebenarnya tutorial ini sudah banyak di posting oleh teman-teman blogger lain, tapi kebetulan tempo hari anak-anak membuat playdough sendiri jadi sekalian saja saya posting di sini siapa tahu di antara pengunjung blog ini ada yang memerlukannya.
Playdough ini aman untuk anak-anak. Bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana, hanya tepung terigu, garam halus, minyak goreng, pewarna makanan dan air. Karena anak-anak ga mau repot jadi takarannya dibuat sederhana saja, 2 gelas tepung, 1 gelas garam,  minyak goreng, pewarna dan air secukupnya. Yang penting perbandingan antara tepung dan garamnya, 2:1. Sementara untuk pewarna makanan, saya lebih senang menggunakan yang serbuk, karena tanpa aroma. Alasannya, dulu pernah membuat playdough dengan pewarna beraroma buah-buahan, dan saat adonan sudah jadi justru anak-anak antusias untuk memakannya..padahal masih mentah..he..he..katanya sih enak ada rasa asinnya....

Cara membuat:
1. Campurkan tepung dan garam, aduk rata. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian, sesuai jumlah warna yang diinginkan.

2. masing-masing adonan tambahkan pewarna makanan, 1 sendok teh minyak,air secukupnya. kemudian uleni hingga tercampr rata dan menjadi adonan yang bisa dibentuk.

Waktu mengulen tidak perlu lama, sekitar 5 menit saja. Dan playdough sudah jadi.


Oke.. selamat berkreasi bersama buah hati...!!!

{ 0 komentar... read them below or add one }

ShareThis