Cara Membuat Bunga Flanel 1

Diposting oleh felt souvenir on Jumat, 27 April 2012

Saat akan membuang poly foam bekas pembungkus buah, muncul ide di benak saya -biidznillah- untuk membuatnya menjadi sesuatu yang baru. Dengan demikian, setidaknya saya ikut sedikit berpartisipasi mengurangi sampah rumah tangga. Di tutorial ini saya mengkombinasikan polyfoam jaring dengan kain flanel. Semoga saja tutorial ini bisa menginspirasi banyak orang untuk ikut menjaga bumi ini meskipun hanya dengan melakukan hal kecil (???). Yuk langsung ke tutorial...

A  Siapkan flanel lingkaran dengan diameter 8 cm. Pasang kancing di bagian tengahnya. Kemudian jelujur semua tepinya, dan serut. Isi dengan dakron, kemudian jahit mati sehingga membentuk bulatan.


B. Siapkan poly foam bekas pembungkus buah, lipat ke dalam kemudian jahit jelujur tepinya, kemudian serut dan jahit mati. Saat menjahit poly foam sebaiknya dilakukan secara perlahan agar tidak robek.



C. Tusukkan kawat bunga ke bagian serutan poly foam hingga tembus ke sisi yang lain. Kemudian tekuk kawat sehingga poly foam terkait di ujung kawat. Kawat bunga dapat dibuat sendiri dengan kawat besi yang dililit dengan  kertas krep, atau bisa juga dengan kawat bunga yang sudah jadi dan dapat dibeli di toko peralatan jahit.


D. Beri lem di bagian pangkal flanel tadi, kemudian rekatkan ke tengah poly foam. Jika menggunakan lem tembak, tiup-tiup terlebih dahulu lem sebelum flanel ditempelkan ke poly foam, agar poly foam tidak rusak terkena panas lem.


D. Buat kelopak bunga dengan flanel seperti pada gambar. Beri lubang kecil di tengahnya, kemudian masukkan kawat tangkai bunga ke lubang tersebut.


E. Beri sedikit lem di tengah kelopak kemudian rekatkan kelopak ke bagian pangkal bunga. Beri juga sedikt lem memanjang di setiap bagian kelopak (gambar) rekatkan juga ke bagian bawah bunga. Lapisi kawat dengan kertas krep.


F. Sipakan flanel dan kawat untuk membuat daun. Lapisi kawat dengan kertas krep kemudian tempelkan ke daun.


G. Beri lem di bagian tangkai bunga, tempelkan tangkai daun. Kemudian tutup sambungan kawat dengan kertas krep.

Alhamdulillah..yang tadinya barang sampah sekarang sudah jadi lebih bagus...semoga tutorial cara membuat bunga flanel ini bermanfaat...

{ 11 komentar... read them below or add one }

Vivian mengatakan...

mantappp kreatiff mbokkk

felt souvenir mengatakan...

trima ksh mb vivian..sy jg sdh bbrp x k blognya..koleksinya jg bagus-bagus...

Wind Casanova mengatakan...

mantaab.... bagus banget... ijin untuk membuat karya2 flanel yg kreatif ini. semangat untuk terus berkarya. terima kasih sbelumnya mbak....

felt souvenir mengatakan...

terima kasih juga....selamat berkreasi...jangan bosan berkunjung ke sini ya..

dwie mengatakan...

kreasinya bagus-bagus, mantapzz

felt souvenir mengatakan...

trksh mba dwie...

Anonim mengatakan...

mbak ijin copy ya
sekalian mau belajar...
matur suwun

Anonim mengatakan...

Perkenankan saya ngadop ya,...untuk saya ajarkan ke anak-anak putus sekolah dan.Matur nuwun sanget.

Anonim mengatakan...

Salut Inovasinya.Izinkan saya copy untuk bahan ajar bagi adik-adik putus sekolah ya mbak...Maturnuwun

felt souvenir mengatakan...

@ngadop:silahkan,smoga bermanfaat..sy senang kl kreasi sy bisa digunakan org lain..

Anonim mengatakan...

makash,,,, ini sangat bermanfaat,,,,,,,saya izin untuk menjual kalau sudah bisa bikin

ShareThis