Cara Merawat Produk Felt

Diposkan oleh felt souvenir on Minggu, 15 Januari 2012


Sering kita menganggap bahwa kain felt sama saja dengan kain flannel. Sebenarnya keduanya memiliki perbedaan, meskipun sama-sama terbuat dari serat wool.  Secara sederhana, kain felt dapat dikatakan sebagai bentuk jadi dari pemrosesan terhadap serat wool tanpa melalui proses tenun (biasanya dengan proses pengepresan dan kondensasi ). Selain itu, kain felt diproduksi dengan beragam warna dan ketebalan.  Sementara itu, kain flanel merupakan hasil jadi dari pemrosesan serat wool dengan proses ditenun. Tetapi saat ini sudah mulai banyak diproduksi kain flannel dengan bahan serat katun atau sintetis. Setelah menjadi produk kain, terkadang kain flanel masih melalui proses penyikatan agar menjadi lebih lembut. 

Perbedaan lainnya adalah kain felt lebih mudah digunakan terutama dalam pembuatan kerajinan tangan, karena tanpa melalui proses tenun maka ketika kain digunting tidak akan menimbulkan uraian benang di bagian tepinya. Sementara kain flannel sebaliknya, ia akan terurai pada bagian tepi kain sehingga memerlukan penjahitan/obras di bagian tersebut. Pada era tahun 90-an, kain flanel pernah menjadi tren kemeja bagi anak muda dengan motif kotak-kotak. Selain itu, karena cukup hangat kain flanel sering digunakan  sebagai kain bedong atau selimut bagi bayi.







Kain felt





kain flannel

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTZpS-_w2l3CzUzGj2my_xgGwkqyZLDhZFIyfWIAZeU-s7Hhw8skQ


Kain flannel

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQVvbpzhgXOOt4MsIUnlEvUmRi-4hX_T_oq2HFlx6iqjHNTbBV9LA










Selain mudah dalam penggunaannya, kain felt juga mudah dalam perawatan. Berikut ini beberapa tips sederhana dalam merawat produk felt:
-    Kain felt mudah dibersihkan dari kotoran debu cukup kibas-kibaskan atau usap dengan lembut maka kotoran akan terlepas. Atau dapat digunakan penyedot debu untuk membersihkan felt dari debu.
-    Jika terkena air, maka cukup diangin-anginkan saja. Felt akan cepat mongering tanpa harus menjemurnya di bawah sinar matahari.
-    Jika terkena makanan yang lengket, segera seka dengan tisu. Jika dirasa perlu dicuci, maka lakukan pencucian seperti mencuci produk berbahan wool.
-    Jangan mewarnai produk flanel / felt.
-    Jangan menyikat dengan sikat kawat atau fiber yang kaku.
-    Jangan merendam flanel / felt dalam larutan deterjen atau pemutih.
Jika Anda punya tips lain dalam merawat produk felt silahkan tulis komentar Anda di sini. Beberapa waktu kedepan, kami akan memberikan memberikan beberapa panduan membuat sendiri produk felt di rumah, jadi kunjungi kami lagi yaa.....
Referensi:
1.    Wikipedia
2.    http://www.finnstyle.com/fecain.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

ShareThis